Thursday, October 8, 2009

pahala seorang istri

Assalamualaikum...
sebelumnya saya mohon maaf,bukan maksud saya untuk menggurui para pembaca
yang mampir ke blog ini,cuma sekedar berbagi apa yang saya ketahui,bukankah ilmu
yang bermanfaat adalah salah satu amal yang kelak akan kita bawa?
nah merujuk pada hal itu saya ingin sedikit berbagi tentang :istri yang seperti apakah yang kelak mendapat pahala di sisi Allah S.W.T.
ada beberapa definisi bagi seorang istri yang ingin mendapat pahala
ini sedikit yang saya ketahui :

1. taat pada suami.
2. taat pada hukum Allah
jika itu semua terdapat pada seorang istri Insya Allah dia mendapat jaminan masuk surga
karena besar pahala seorang istri yang taat pada suami.
dalam hadist pun di riwayatkan tentang hal itu,dan telah di tegaskan Rasulullah
dalam salah satu sabdanya yang artinya :
"sebaik-baiknya wanita adalah wanita yang ketika dilihat suaminya ia bisa menggembirakannya
ketika di suruh suaminya ia patuh kepadanya,ketika suaminya tidak ada di sampingnya ia bisa menjaga
kehormatan dirinya dan harta suaminya" ( Ihya Ulumudin.jilid I Bab: Nikah.hadist sejenis juga
terdapat dalam Al-Jami'u A sh-Shaghir, hal: 148 )
seorang wanita ketika sudah menikah maka dengan sendirinya telah berubah statusnya menjadi seorang istri,
dan itu berarti dia telah terikat dengan hukum dan aturan pernikahan,dan tak mungkin bisa bertindak semaunya
tanpa dapat izin dari sang suami,dan tingkah lakunyapun tidak akan sebebas seperti pada saat dia lajang.
dan perlu di ketahui bahwa seorang istri akan masuk surga,jika dia mati dalam keridlaan suami
dan itu di jelaskan oleh Rasulullah dalam sebuah Hadistnya yang artinya :
"wanita mana saja yang meninggal dunia dan suaminya rela kepadanya,niscaya dia akan masuk surga"
( HR. At-timidzi,Katanya Hadist ini baik,tetapi Gharib bisa di lihat di Ihya'Ulumuddin.jilid:I bab: nikah )
sahabat pembaca semua,di sini saya ingin sedikit berbagi tentang adab seorang istri yang sholihah:

1. senantiasa berada di rumah

2. tidak menghindari suaminya

3. sedikit berbicara dengan tetangga

Insya Allah bahtera rumah tangganya akan selamat dan bahagia
demikianlah sahabat mohon maaf jika ada yang salah dan suatu saat nanti Insya Allah mungkin saya juga akan memposting tentang " tanggung jawab seorang suami dan kewajibannya"
terima kasih atas kunjungannya dan mohon komentarnya...

1 comment:

  1. Artikel mas Diswanto ini sangat bagus. Saya harus siap-siap mencari istri yang tepat neh :) Terimakasih mas telah berbagi..

    ReplyDelete